Home » » Lulusan SMA Mau Dapat Kerja? Begini Caranya!

Lulusan SMA Mau Dapat Kerja? Begini Caranya!

Written By Hamid Syukur on Senin, 05 Maret 2012 | 6:02 AM

Orang bilang zaman sekarang ini zaman serba susah. “Nyari makan susah, nyari kerja apa lagi. Jangankan tamatan Sekolah Menengah Atas, lulusan sarjana S1 bahkan S2 pun banyak yang jadi pengangguran.”

Tunggu dulu! Anda tak perlu takut jika hanya punya ijazah SMA. Anda masih bisa dapat kerja kok. Berikut SayaMauTau.com berbagi tips dan triknya:

Ikuti tes minat dan kepribadian

Ada banyak tes online yang akan membantu Anda menemukan apa jenis karir sesuai kepribadian Anda. Tes Keirsey adalah salah satunya. Dalam tes ini ada 71 pertanyaan pilihan ganda untuk menentukan dengan tepat bagaimana Anda berinteraksi dengan dunia. Hasilnya, akan memberitahu Anda seperti apa pribadi Anda dan apa jenis pekerjaan yang cocok buat Anda. Setelah tahu hasilnya, Anda bisa mulai melamar pekerjaan.

Cari tahu jenis pekerjaan yang tak membutuhkan gelar sarjana

Karir dan pekerjaan di bidang pemerintahan adalah  yang paling membutuhkan pendidikan perguruan tinggi dengan minimal gelar Diploma. Jangan khawatir! Banyak kok karir lain yang tidak memerlukan kuliah, malah menawarkan job training atau pelatihan kerja bagi Anda. Tak hanya di perusahaan-perusahaan kecil, tapi yang besar juga ada. Cek aja!

Ikuti kursus pelatihan

Pelatihan kejuruan mempersiapkan Anda untuk pekerjaan tertentu dan biasanya dapat diselesaikan dalam enam bulan sampai satu tahun. Untungnya, di negara kita, Indonesia, pendidikan singkat seperti ini banyak dan bahkan menjamur di berbagai kota. Anda bisa pilih salah satunya. Pahamkan maksudnya?

Memulai bisnis

Selain butuh modal, juga butuh keterampilan khusus untuk sukses di bidang yang satu ini. Tapi kita bisa belajar sambil memulainya. Jangan tunggu punya modal dan paham dulu baru memulai. Tak perlu punya bisnis dengan modal besar karena kalau bangkrut malah bisa bunuh diri! Anda bisa belajar kok dari orang-orang sukses dalam usahanya meski tak pernah punya ijazah sarjana atau malah ijazah SD sekalipun. Bahkan ada juga yang tak pernah mengenyam pendidikan formal sama sekali tapi sukses dan jadi orang terpandang. Ayo, pastikan Anda jadi orang sukses berikutnya!
<edd>


Referensi: Dari berbagai sumber