Home » » Cara Mudah Bekerja di Luar Negeri, Mau???

Cara Mudah Bekerja di Luar Negeri, Mau???

Written By Hamid Syukur on Jumat, 13 April 2012 | 12:32 AM

Penghasilan atau gaji yang didapat dari bekerja di luar negeri jelas sangat jauh berbeda dengan upah yang diterima jika Anda bekerja di Indonesia. Penghasilan yang Anda dapat dari bekerja selama 2 bulan di luar negeri sebanding dengan gaji 2 atau 4 tahun bekerja di negeri kita ini. Tertarik? Tentu! Nah, Jika salah satu impian Anda adalah bekerja di luar negeri, Anda sudah membaca artikel yang tepat. Tips mudah yang dilansir oleh wikihow berikut dapat Anda jadikan sebagai panduan.

Lakukan penelitian. Sebelum terbang ke negara tujuan Anda, cari tahu informasi yang perlu Anda ketahui seperti jenis visa yang harus Anda urus. Anda juga harus mendapatkan pemahaman dari kondisi budaya negara yang Anda pilih. Cari tahu  kira-kira bagaimana biaya hidup di sana agar Anda mendapatkan pekerjaan yang gajinya cukup untuk hidup normal, aman, dan nyaman.

Hubungi Kedutaan Indonesia. Tujuan Anda menghubungi kedutaan yang ada di negara tempat Anda akan bekerja adalah untuk mendapatkan informasi tentang apa-apa saja yang dibutuhkan untuk memasuki negara tersebut.

Buat paspor dan visa. Paspor ibarat kunci untuk masuk ke sebuah negara. Anda akan dianggap ilegal dan akan dikembalikan ke Indonesia jika terbukti tak punya paspor. Untuk pengurusan paspor, Anda bisa kunjungi atau cari informasi dari agen-agen terdekat. Selain paspor, Anda juga harus mengurus visa yang gunanya untuk izin menetap di negara tujuan Anda. Kedutaan negara di mana Anda akan bekerja akan memberikan informasi untuk mengajukan atau mengurus dokumen yang satu ini.

Lulus izin keamanan dan tes medis. Dinas tenaga kerja terlebih dahulu akan memeriksa latar belakang Anda secara menyeluruh untuk memastikan Anda tak pernah terkait tindak kejahatan. Selanjutnya kesehatan Anda juga akan diperiksa untuk membuktikan bahwa Anda tidak mengidap penyakit berbahaya sehingga Anda tak memerlukan perawatan khusus selama ada di negara di mana Anda akan menetap nantinya.

Pelajari bahasa. Di manapun Anda berada, komunikasi tetap sangat penting. Pelajarilah bahasa negara tujuan Anda agar kehidupan sosial Anda tak mengalami kesulitan. Tak perlu pasih. Minimal Anda tahu beberapa kata yang Anda memang sangat perlu untuk ketahui. Seperti menanyakan jalan, berbelanja, dan sebagainya.

Cari lowongan kerja di situs-situs internasional. Untuk mencari lowongan kerja di luar negeri, Anda dapat kunjungi situs-situs seperti giant, riley guide, canuck abroad, dan lain-lain. Situs-situs tersebut menyediakan daftar pekerjaan serta saran praktis tentang bagaimana cara melamar pekerjaan-pekerjaan tersebut.

Sudah coba perusahaan asing yang ada di Indonesia? Banyak perusahaan-perusahaan mancanegara yang beroperasi di negara kita seperti Chevron, Schlumberger, dan lain-lain. Bekerja di salah satu perusahaan tersebut membuka karir untuk bekerja di luar negeri jika prestasi kerja Anda dianggap baik.

Bersungguh-sungguhlah! Melamar pekerjaan di luar negeri sama dengan melamar pekerjaan apapun. Perusahaan akan melihat kemampuan Anda untuk memastikan Anda memenuhi persyaratan. Jika Anda setengah-setengah, Jangan harap Anda bisa dengan mudah dapat kerja di luar negeri, bahkan di Indonesia sendiri tidak menjamin. Pepatah Arab mengatakan, “man jadda wajada.” Siapa yang bersungguh-sungguh, dialah yang akan dapat!
<edd>


Sharing is amazing