5 Tips Menggunakan GPS Saat Berkendara

Masih ingatkah kamu, pemerintah pernah membuat aturan untuk larangan menggunakan GPS saat berkendara? Larangan ini justru membuat reaksi masyarakat yang berbeda–beda. Ada pihak yang setuju namun ada juga ada pihak yang tidak setuju. Bagi kelompok yang setuju dengan larangan demikian alasannya mereka sering jengkel karena dengan menggunakan GPS, pengendara tersebut justru lebih fokus ke GPS daripada melihat jalan.

Namun bagi kalangan yang tidak setuju, mereka berpendapat karena GPS sangat membantu untuk menemukan lokasi jika tidak tahu arah. Apalagi bagi para perantau yang masih asing dengan kota yang baru ditinggalinya. Memang benar, GPS benar–benar membantu para pengendara agar menemukan lokasi dengan mudah. Namun sayangnya, saat menggunakan GPS justru keselamatan berkendara jadi seperti diabaikan.

Contohnya lebih fokus melihat GPS dari pada melihat jalan dan sekitarnya. Sebenarnya aturan ini dibuat agar keselamatan para pengandara tetap terjamin. Larangan tersebut juga dibuat karena bukan salah GPS namun kelalaian para pengemudi yang membuat keselamatan tidak terjamin. Berikut ini adalah tips bagaimana cara bijak menggunakan GPS saat berkendara.

  1. Tetap fokus melihat jalan

Salah satu alasan mengapa larangan menggunakan GPS saat berkendara adalah karena pengendara yang menggunakan GPS justru lalai saat berkendara. Saat berkendara banyak diantara kita justru lebih fokus melihat GPS dibanding jalan. Memang, bagi para perantau hal ini merupakan hal yang wajar. Tapi ingat, yang sedang berkendara bukan hanya kamu saja. Banyak pengendara yang menggunakan jalan yang sama. Jadilah pengendara yang bijak dan jangan egois. Kamu harus tetap fokus melihat jalan saat berkendara.

2. Lirik GPS sesekali saja

Jika kamu para perantau yang belum mengerti seluk beluk kota yang sedang ditinggali, penggunaan GPS memang sangat membantu. Tapi Seperti halnya pada poin nomer 1, dimana banyak pengendara yang lebih fokus melihat GPS dari pada fokus melihat jalan. Tipsnya kamu tetap bisa menggunakan GPS tapi lirik atau tengoklah GPS sesekali saja. Sebelum mulai berkendara, kamu bisa melihat rute dari posisi awal ke lokasi tujuan dengan seksama, hafal nama jalan yang akan dilewati, tempat–tempat yang bisa dijadikan patokan, dan mungkin berapa belokan yang akan dilewati. Lalu saat berkendara jika kamu mulai lupa dan ragu bisa tengok GPS lagi. Namun ingat jangan terlalu lama dan belajarlah menengok dengan cepat.

3. Gunakan phone holder di kendaraan

Banyak diantara kita jika berkendara dengan menggunakan GPS justru memengan ponsel pintar kita dengan tangan kiri dan mengendarai hanya dengan tangan kanan. Mungkin kamu sudah merasa jago dan handal dalam berkendara. Namun ingat keselamatan berkendara tetap nomor satu. Maka dari itu gunakan dua tangan saat berkendara.

Tapi bagaimana jika kita ingin menggunakan GPS? Phone holder adalah jawabannya. Kamu bisa memasang phone holder di sepeda motor atau mobil yang akan digunakan saat berkendara. Hal ini benar–benar membantu dalam berkendara saat menggunakan GPS. Mungkin kamu merasa malu jika menggunakan alat ini. Banyak yang bilang bakal seperti driver ojek online lah, kendaraan jadi kurang macho lah, dan lain sebagainya. Anda bisa abaikan pemikiran–pemikiran tersebut. Lebih baik gunakan GPS saat berkendara sampai tujuan dengan selamat dari pada memikirkan gengsi yang berujung celaka.

4. Gunakan earphone

Mungkin pada poin ini akan menimbulkan kontroversi. Menggunakan earphone saat berkendara memang kurang dianjurkan. Gunakan saja salah satu sisi earphone agar kamu tetap bisa mendengarkan suara dari telinga yang tidak tertutup earphone. Penggunaan alat ini juga membantumu yang belum punya phone holder namun tetap bisa mengendarai dengan kedua tangan dan menggunakan GPS. Sebelum berangakat kamu bisa mengatur GPS dengan suara sehingga kamu bisa dipandu lewat suara GPS. Menerapkan tips ini cukup mudah, kamu bisa taruh ponsel pintar di dalam saku atau tas tanpa menganggu kedua tangan. Tapi ingat, agar dengarkan juga suara–suara di jalan agar tahu keadaan di sekitar.

5. Berhenti Sejenak untuk Mengatur GPS

Banyak di antara para pengendara yang ingin menggunakan GPS sering mengatur GPS saat mereka masih berkendara. Hal ini sangatlah membahayakan. Mengapa? Saat mengatur GPS sambil berkendara tentunya kamu akan lebih fokus untuk mengetik lokasi tujuan. Akibatnya kamu justru tidak memperhatikan keadaan sekitar. Ingat! Pengguna jalan bukan hanya Anda saja. Banyak orang yang menggunakan jalan yang sama. Jika kamu ingin mengatur GPS, kamu bisa berhenti sejenak di pinggir jalan dan mengatur GPS terlebih dahulu.

Nah, Tips diatas mungkin bisa kamu terapkan agar perjalananmu dan orang di sekitar tetap nyaman walau menggunakan GPS. Ingatlah kamu mengggunakan ponsel pintar, tentunya penggunanya jangan sampai kalah pintar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *