6 Cara Aman Dan Ampuh Membersihkan Layar Laptop

cleaning the screen of a computer

sayamautau – Selain membersihkan keyboard laptop, layar juga merupakan salah satu bagian dari laptop yang harus rajin dibersihkan. Tapi, berbeda dengan keyboard laptop yang lebih mudah dibersihkan, membersihkan layar laptop pada dasarnya sedikit lebih tricky dan juga harus berhati-hati. Salah sedikit, hal tersebut bisa menyebabkan konsleting.

Untuk itu, yuk perhatikan tips dan trik membersihkan layar laptop berikut ini!

1. Matikan laptop terlebih dahulu

Sebelum kamu membersihkan layar laptop, pastikan terlebih dahulu kamu sudah mematikan laptop terlebih dahulu untuk menghindari konsleting dari bahaya koneksi listrik tersebut. Di samping itu, mematikan laptop bsia membuat debu lebih terlihat dan membuatmu lebih mudah untuk membersihkannya.

2. Gunakan lap kering untuk membersihkan debu

Untuk proses membersihkan layar laptop yang pertama adalah dengan menggunakan lap kering. Usahakan untuk membersihkan layar laptop dengan perlahan dan hindari tekanan berlebih terhadap layar tersebut karena bisa meninggalkan goresan atau konsleting karena tekanan dari jari tersebut.

3. Gunakan kain lembutGunakan kain lembut

Selain memperhatikan tekanan dalam mengelap kaca, pastikan juga kamu menggunakan kain yang berbahan lembut untuk membersihkan layar tersebut untuk menghindari bekas goresan dari bahan kain tersebut yang terlalu kasar. Menggunakan kain mikrofiber dan kain berbahan katun adalah jenis kain yang sangat direkomendasikan untuk menjadi pembersih layar laptop.

4. Semprotkan larutan ke kain

Kalau kamu merasa membersihkan layar laptop hanya menggunakan kain kering saja nggak cukup, kamu bisa menggunakan cairan pembersih untuk membantu mengangkat debu tersebut. Namun, hindari langsung menyemprotkan cairan tersebut ke layar laptop, namun semprotkan terlebih dahulu cairan tersebut ke kain lap dengan bahan-bahan yang sudah direkomendasikan tadi. Menyemprotkan cairan pembersih langsung ke layar laptop dapat mengakibatkan resiko konsleting atau bahkan bisa menyebabkan layar terbakar karena kontaminasi air kepada layar tersebut.

5. Pastikan layar tersebut kering sebelum menggunakannyaPastikan layar tersebut kering sebelum menggunakannya

Sebelum kamu menggunakan laptop kembali, pastikan bahwa layar laptop tersebut sudah cukup kering dari bekas cairan pembersih tersebut untuk menghindari kerusakan komponen karena kelembapan atau sisa-sisa embun atau cairan yang masih tersisa di layar tersebut.

6 Biarkan layar kering secara alami

Menggunakan hairdryer memang bisa membuat layar laptopmu menjadi cepat kering. Namun, menggunakan hairdryer atau pembantu pengering lainnya dapat menyebabkan kerusakan komponen internal akibat suhu panas terhadap laptop tersebut. Jadi, lebih baik bersabarlah menunggu layar tersebut kering secara alami.

Mudah kan? Jangan lupa ya untuk selalu mematikan laptop ketika ingin membersihkan. Kamu yang punya laptop dengan layar sentuh atau touchscreen ada baiknya membersihkan layar secara berkala ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *