Ini dia penyebab dan cara mengatasi rambut kering!

sayamautau – Kita pasti seringkali mendengar pepatah yang mengatakan bahwa rambut adalah mahkota manusia. Yup, hal ini memang benar adanya dan berlaku baik untuk kaum wanita maupun pria. Bagi kebanyakan orang, terutama wanita, rambut adalah hal yang memiliki pengaruh yang sangat besar untuk penampilan mereka sehari-hari. Bahkan, seorang wanita bisa saja membatalkan suatu pertemuan dengan seseorang hanya karena rambut mereka sedang tidak dalam kondisi yang baik, misalnya saja karena rontok, lepek, ketombe, belum keramas, atau bercabang.

Namun, satu masalah yang paling sering dialami, terutama oleh kaum wanita adalah rambut yang kering dan terlihat kusam, sehingga membuat penampilan mereka terlihat tidak segar. Inilah yang akhirnya membuat kebanyakan wanita merasa tidak percaya diri dan malu untuk bertemu dengan orang lain. Lalu, apa yang harus dilakukan jika kamu memiliki rambut yang kering?

1. Menggunakan penutup kepala

Kita semua sudah paham kalau lingkungan udara di sekitar, terutama bagi yang tinggal di Jakarta, mengandung polusi yang sangat tinggi akibat banyaknya asap kendaraan dan kurangnya penghijauan. Maka, ada baiknya untuk menggunakan penutup kepala saat beraktivitas khususnya di jalanan. Kamu bisa menggunakan topi atau kain sebagai pelindung rambut dari polusi udara. Dengan begini, rambut tidak kotor dan tentunya terhindar dari bau asap jalanan yang tentunya sangat mengganggu dan membuat kamu jadi tidak percaya diri, kan?

2. Menggunakan kondisioner setelah keramas

Untuk menjaga kelembapan rambut, ada baiknya untuk selalu menggunakan kondisioner setelah keramas ya, ShopBackers. Jika kamu memiliki rambut yang lembap, maka kecil kemungkinan rambut akan pecah dan kering. Selain itu, kondisioner ini juga akan melindungi kamu dari paparan sinar matahari, kan?

3. Kurangi penggunaan pengering rambut

Penggunaan pengering rambut yang terlalu sering membuat rambut menjadi kering dan bercabang, apalagi jika kamu melakukannya saat rambut dalam kondisi masih basah setelah keramas. Metode pengeringan rambut yang paling dianjurkan adalah dengan membiarkannya kering dengan sendirinya tanpa bantuan hairdryer. Kebiasaan kita mengeringkan rambut dengan handuk, apalagi jika menggosoknya dengan kencang juga akan membuat rambut lama kelamaan menjadi rusak. So, don’t even think about it, guys!

4. Menggunakan masker rambut dari madu dan perasan lemon

Tidak hanya berguna untuk membantu menurunkan berat badan seseorang, perasan lemon yang dicampur dengan madu juga bisa kamu jadikan sebagai masker rambut untuk menjaga kelembapan dan kesehatannya. Caranya cukup mudah, campurkan madu alami dengan perasan lemon, kemudian oleskan pada rambut hingga merata. Diamkan selama kurang lebih satu jam sebelum membilasnya menggunakan air hangat yang bersih. Lakukan ini secara rutin, paling tidak dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Menggunakan masker alpukat

Selain masker madu, kamu juga bisa membuat masker dari buah alpukat yang mengandung vitamin B yang baik untuk kesehatan rambut. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan mengambil daging buah alpukat dan menghaluskannya hingga lembut. Sebelum mengoleskan masker alpukat, pastikan kalau kamu sudah membasahi rambut, ya. Setelah itu, oleskan masker hingga merata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Jika sudah, bersihkan menggunakan air bersih, kemudian cuci rambut dengan menggunakan sampo dan kondisioner.

6. Mengoleskan minyak zaitun

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengoleskan minyak zaitun pada rambut. Caranya, basahi rambut kemudian oleskan minyak zaitun secara merata dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bersihkan rambut dengan cara mencucinya menggunakan sampo dan kondisioner. Kamu bisa melakukan cara ini secara rutin sebanyak satu kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B

Tidak hanya perawatan dari luar, kamu juga perlu melakukan perawatan dari dalam untuk mengatasi rambut yang kering. Caranya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B diantaranya adalah kacang-kacangan, buah pisang, dan juga telur.

8. Hindari pewarnaan rambut

Nah, ini dia yang sering diabaikan oleh banyak orang. Mewarnai rambut dengan berbagai macam warna yang diinginkan memang sangat menyenangkan, tapi memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan rambut. Rambut yang terlalu sering diwarnai akan lebih cepat kering, bahkan pecah. Hal ini dikarenakan bahan kimia yang terdapat di dalam pewarna rambutnya. Maka, ada baiknya untuk menghindarinya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *