5 Bahaya yang Bisa Terjadi Jika Telat Mengganti Oli Mesin pada Mobil

oli mesin pada mobil

Saya Mau Tau – Mobil adalah salah satu kendaraan yang paling penting terutama buat Anda yang sering bepergian jauh dan memiliki keluarga besar. Semua menghendaki perjalanan yang aman dan nyaman. Namun kenyataan ketika di perjalanan pasti ada satu atau dua hal yang mengganggu baik dari internal maupun eksternal. Penyebab internal contohnya adalah belum mengganti oli mesin pada mobil sehingga mogok. Eksternal misalnya kondisi jalan.

Penting bagi Anda untuk selalu mengecek kadar oli yang ada di kendaraan supaya hal-hal seperti mogok di tengah jalan tidak terjadi. Banyak komponen yang sangat dipengaruhi dan ditentukan oleh oli. Sehingga jika oli bermasalah, maka bagian yang lain pun juga akan mengalami hambatan atau bermasalah.

oli mesin pada mobil

Jika Telat Mengganti Oli Mesin pada Mobil

Nah apa saja sih bahaya atau kendala yang mungkin terjadi jika telat dalam mengganti oli mesin? Simak penjabarannya ya!

1. Penurunan fungsi mesin

Jika Anda terlambat dalam mengganti oli mesin, maka yang pertama terjadi adalah penurunan fungsi mesin. Tarikan mesin menjadi berat sehingga fungsi dan performanya menjadi menurun karena terbebani oleh tarikan yang berat. Selain itu, suara mesin juga akan menjadi kasar. Kenyamanan dalam berkendara pun tentu saja akan berkurang apalagi jika Anda menempuh jarak jauh.

2. Mesin Menjadi Panas

Salah satu kegunaan dari oli adalah diedarkan ke berbagai bagian mesin untuk memberikannya pelumas. Fungsi dari pelumas adalah mengecilkan gesekan  yang terjadi antara berbagai komponen mesin yang terdiri dari logam. Jika oli menjadi kental dan tidak segera diganti, maka gesekan mesin akan besar. Akibat dari gesekan tersebut menimbulkan suhu panas dari mesin.

3. Rawan terhadap karat

Jika Anda telat mengganti oli bahkan sampai menjadi kental, maka mesin rawan untuk berkarat. Hal ini disebabkan oleh konsentrasi logam tinggi pada mesin mobil. Maka jika Anda tidak ingin mobil kesayangan menjadi berkarat, Anda harus dengan rajin mengecek dan mengganti oli mesin pada mobil.

4. Kerusakan Mesin

Akibat ini masih sangat berkaitan dengan bahaya-bahaya yang lain bahwa jika oli tidak segera diganti dapat memicu kerusakan mesin. Jumlah kejadiannya sangat banyak. Akibat gesekan dan suhu yang tinggi (overheat) akan mengakibatkan kerusakan pada satu atau lebih komponen.

5. Boros Bahan Bakar

Dampak dari keteledoran sampai lupa untuk mengganti oli adalah boros dalam hal bahan bakar. Hal ini lagi-lagi disebabkan oleh tarikan yang semakin berat. Gesekan antar mesin terjadi juga sangat kuat. Sehingga mesin memerlukan energi yang berlebih untuk dapat beroperasi secara optimal. Hal inilah yang membuatnya boros terhadap bahan bakar.

Nah demikian beberapa bahaya atau kerusakan yang terjadi jika kita terlambat atau tidak pernah mengganti oli mesin pada mobil. Semoga dapat memberi sebuah gambaran akan akibat jika tidak mengganti oli tepat waktu. Kedepannya jangan telat lagi ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *