Berniat Bisnis Event Organizer? Ini 5 Rahasia Suksesnya

event organizer jakarta hanindo

Saya Mau Tau – Tahun 2019 sudah berjalan satu minggu, tentu banyak di antara Anda yang sudah mulai merencanakan memulai sebuah bisnis. Bisnis apa yang menjanjikan dan sangat dibutuhkan banyak orang tapi bikin enjoy? Tentu ada banyak. Namun salah satu yang kini begitu disukai banyak generasi muda adalah bisnis jasa Event Organizer alias EO.

Pertumbuhan bisnis EO bahkan di kota-kota besar seperti Jakarta sangat pesat. Semua tak lepas dari gaya hidup masyarakat perkotaan yang begitu gemar menggelar sebuah acara, tapi enggan ribet. Mereka pun akhirnya memanfaatkan berbagai penyedia jasa Event Organizer Jakarta agar acara berlangsung sukses. Tergiur untuk mencoba memulai bisnis EO? Sederet tips berikut layak dicoba.

event organizer jakarta hanindo

5 Rahasia Sukses Membangun Bisnis Event Organizer

1. Sering Datang ke Acara

Salah satu rahasia sukses membangun bisnis EO yang pertama adalah Anda harus sering-sering datang ke acara. Entah ini merupakan pesta ulang tahun, pernikahan, konser musik, outing kantor atau sekedar reuni sekolah. Bukan bersenang-senang dalam pesta yang menjadi tujuan Anda, tapi perhatikan bagaimana panitia penyelenggara alias pihak EO yang mengontrol acara itu.

Anda pun bisa mencoba untuk mengajukan diri sebagai tenaga freelancer sebuah EO supaya makin memahami seluk-beluk pekerja event. Bagaimana saling berkoordinasi di lapangan hingga mengurusi sponsor dan klien tentu menjadi pembelajaran sangat penting dalam memulai bisnis EO. Semakin banyak belajar termasuk bertanya ke pihak profesional akan membuat Anda makin paham.

2. Memahami Pasar

Sebelum memulai bisnis EO, ada baiknya jika Anda fokus pada bagian yang benar-benar dikuasai. Misalkan saja Anda lebih suka menggelar pesta ulang tahun, maka ciptakan EO yang demikian. Anda akan bisa menentukan pangsa pasar entah ulang tahun pasangan suami-istri, ulang tahun khusus anak-anak, hingga perayaan ulang tahun remaja.

Dengan menentukan dan memahami pasar yang tepat, bisnis EO akan berjalan sesuai dengan rencana dan terkonsep. Ada baiknya untuk fokus di satu pasar terlebih dulu sebelum melebarkan pelayanan EO ke hal-hal yang lebih luas.

3. Ciptakan Tim Yang Solid

Inti dari setiap EO yang profesional dan bertanggung jawab adalah memiliki tim kerja yang solid. Anda bisa mulai mengajak rekan-rekan yang sepemikiran supaya sama-sama satu visi. Ketika tim sudah terbentuk entah besar atau kecil, sering-sering habiskan waktu bersama agar chemistry bisa terbangun dengan kuat. Tim EO yang kompak akan membuat bisnis bertahan lama.

4. Selalu Berpikir Kreatif

Salah satu kunci bagaimana sebuah bisnis EO bisa bertahan lama adalah karena dilengkapi oleh orang-orang kreatif. Karena memang bisnis EO ini melayani klien yang memiliki berbagai macam acara. Anda jelas harus punya pikiran yang inovatif, kreatif dan adaptif. Dengan begitu akan siap menghadapi masalah dan tak akan kehabisan ide saat menyodorkan sebuah konsep acara yang unik.

5. Bangun Relasi Bisnis

Yang namanya bisnis EO tentu harus memiliki modal yang mumpuni. Jika modal ini menjadi masalah, maka setidaknya Anda harus memiliki jaringan bisnis yang profesional. Kembangkan relasi bisnis Anda, banyak berkomunikasi dengan rekanan sponsor supaya bisa memperoleh kepercayaan mereka. Jadilah sosok yang profesional dan bertanggung jawab agar bisnis EO Anda makin besar.

Ada banyak sekali bisnis EO yang awalnya dibangun dengan modal kecil, tapi akhirnya bisa begitu besar dan dikenal karena profesionalisme mereka, seperti Hanindo. Untuk itulah Anda tak perlu berkecil hati jika memulai jasa Event Organizer dengan menangani event yang kecil-kecil dulu. Dengan semangat pantang menyerah dan selalu mau belajar, bisnis EO Anda bisa dikenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *