Cara Alami Mengatasi Luka Bakar

mengatasi luka bakar

Saya Mau Tau – Nyeri dan rasa panas, dua hal berikut yang akan anda rasakan saat memiliki luka bakar. Bahkan, beberapa orang kesulitan untuk bergerak saat memiliki luka bakar. Sehingga, wajar jika luka bakar merupakan salah satu luka yang perlu mendapatkan penanganan serius agar bisa disembuhkan lebih cepat.

Untuk menyembuhkan luka bakar, Anda bisa menggunakan bahan-bahan herbal yang alami. Bahan-bahan tersebut tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan saja melainkan juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka bakar. Apa sajakah bahan herbal yang dimaksud? Sebelum mengetahuinya, kunjungi website kesehatan berikut ini https://www.guesehat.com/masalah-ringan-pada-anak-yang-bisa-jadi-adalah-gejala-kanker terlebih dahulu.

mengatasi luka bakar

Arang aktif

Arang merupakan salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membantu menyembuhkan luka bakar. Sifat arang aktif mampu membantu mencegah infeksi dan membersihkan luka dari benda-benda asing. Anda dapat menggunakan arang untuk membantu mengatasi luka bakar dengan cara mencampurnya bersama ramuan minyak seperti minyak zaitun. Oleskan campuran arang dan minyak agar luka bakar terbebas dari bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Jika ada serpihan yang menempel di kulit saat luka bakar terjadi, aplikasikan salep arang aktif dan tutuplah dengan menggunakan perban yang bersih selama beberapa jam. Nantinya, serpihan tersebut akan keluar tertarik oleh ramuan arang aktif yang Anda gunakan bersamaan dengan dicabutnya perban.

Kentang / Timun

Luka bakar merupakan salah satu luka yang perlu ditangani segera setelah Anda mendapatannya. Sebab, luka bakar tidak hanya memberikan rasa perih akibat jaringan kulit yang terbuka melainkan juga rasa panas dari api atau percikan yang mengenai kulit Anda. Untuk itu, langkah penanganan berupa pendinginan perlu diberikan agar Anda tidak merasakan nyeri yang terlalu panas saat mengalami luka bakar.

Agar dapat meredakan rasa panas dan nyeri luka bakar, maka salah satu bahan alami yang bisa Anda manfaatkan adalah kentang atau timun. Keduanya punya manfaat yang sama untuk mengatasi luka bakar yakni bersifat memberikan rasa dingin. Untuk memanfaatkan keduanya, Anda bisa menghaluskan kentang dan timun dengan menggunakan blender terlebih dahulu. Setelah halus, oleskan campuran tersebut pada luka bakar secara perlahan biarkan sampai kering kemudian bersihkan dengan membilasnya menggunakan air dingin.

sumber : https://www.goapotik.com/promo/obat-luka-jari-terpotong-pisau-tidak-lengket-di-kasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *