Cara Isi Pulsa Token Listrik PLN

isi pulsa

Saya Mau Tau – Saat ini sudah terdapat sistem baru di PLN yang disebut dengan listrik prabayar. Pelanggan PLN bisa membeli daya listrik atau isi pulsa listrik terlebih dahulu melalui para penjual. Lalu Anda hanya perlu mengisikan nomor yang didapatkan dari penjual ke dalam meter prabayar atau MPB yang sudah terpasang di tempat pelanggan melalui sistem token atau pulsa.

Pada sebuah MPB atau meter prabayar akan ada sebuah layar yang menunjukkan berapa jumlah energi listrik (kWh) yang dapat dipakai atau dimiliki pelanggan. Persediaan dari kWh ini dapat Anda tambah kapanpun dan juga berapapun tergantung kebutuhan dan juga keinginan pelanggan.

Langkah-langkah isi pulsa token listrik PLN

Karena listrik dengan sistem prabayar ini masih terbilang baru, mungkin sebagian dari Anda masih belum mengerti bagaimana cara isi pulsa token listrik ke MPB. Nah, jika Anda masih bingung, berikut terdapat informasi mengenai cara mengisi pulsa token listrik PLN :

isi pulsa

1. Membeli pulsa token listrik

Cara pertama yang harus dilakukan adalah membeli pulsa atau isi pulsa token listrik terlebih dahulu. Anda dapat membeli pulsa listrik di kantor pos, penjual pulsa, atau tempat tertentu yang menyediakan pulsa token listrik.

Bawalah kartu identitas pengguna listrik prabayar milik Anda, lalu Anda akan mendapatkan 20 angka kode pulsa token listrik. Jika masih bingung bagian mana nomor tokennya, Anda bisa bertanya pada penjual.

2. Memasukan 20 angka kode token

Setelah mendapatkan kode token, Anda bisa memasukannya ke dalam meteran listrik.  Caranya dengan mengetik menggunakan nomor yang ada pada meteran. Setelah semua nomor masuk dan tertulis di layar, Anda bisa memencet tombol enter ().

3. Menghapus menggunakan tombol backspace (←)

Ketika Anda mengetik kode token lalu melakukan kesalahan, bisa menghapusnya dengan memakai tombol backspace untuk menghapus.

4. Kode benar muncul tulisan accept

Jika kode yang dimasukkan benar, maka akan muncul tulisan accept pada layar monitor MPB setelah Anda memencet tombol enter. Setelah itu layar meter akan menunjukkan nilai kwh sesuai yang dibeli dan daya listrik akan bertambah.

5. Kode salah muncul tulisan reject

Jika kode yang dimasukan salah, maka akan muncul tulisan reject pada layar monitor MPB setelah Anda menekan tombol enter. Anda perlu mengulangi lagi dari awal dan cek benar atau tidak nomor token Anda.

Demikian cara isi pulsa token listrik PLN. Hal ini tentu sangat mudah untuk dilakukan. Dengan menggunakan listrik prabayar ini, Anda bisa mentaksir bagaimana penggunaan listrik agar dapat lebih hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *