Cara Menyicil Mobil Agar Bisa Menghemat Pengeluaran

cara menyicil mobil

Saya Mau Tau – Mobil menjadi kebutuhan bagi sebagian orang yang memang benar-benar membutuhkan baik itu sebagai mobil pribadi atau tujuan menjadikannya sebagai usaha. Banyak orang yang lebih menyukai membeli mobil dengan cara menyicil mobil setiap bulannya daripada harus membayar tunai karena harga mobil yang tidak bisa dibilang murah.

cara menyicil mobil

Tips Hemat Cara Menyicil MobilĀ 

1. Uang Muka

DP atau uang muka merupakan salah satu faktor yang berperan penting untuk perhitungan angsuran kredit mobil. Dengan meningkatkan jumlah DP yang dibayar, jumlah pinjaman akan berkurang sehingga dengan begitu cicilan pinjaman akan mengecil sehingga anda bisa meminimalkan pembayaran bunga cicilan.

2. Masa Kredit

Tentukan masa kredit yang tidak melebihi dari batas ekonomis mobil anda. Jika lebih dari empat atau lima tahun, tentu akan semakin banyak pengeluaran tambahan yang akan dikeluarkan untuk perbaikan. Padahal anda masih memiliki tanggungan untuk membayar cicilan mobil tersebut. Akhirnya, pengeluaran anda menjadi dua kali lebih banyak. Maka dari itu, pilih masa kredit dengan cermat dan perhitungan yang rinci.

3. Suku Bunga

Secara teknis ada dua jenis suku bunga, yaitu bunga tetap (flate rate) dan suku bunga mengambang atau mengikuti bunga pasar (floating rate). Perlu diketahui bahwa di beberapa bank dan lembaga pembiayaan telah memberlakukan suku bunga tetap, namun itu hanya di tahun pertama masa kredit saja. Beberapa bank juga menawarkan suku bunga yang rendah salah satunya yaitu Maybank.

Fitur dan Keuntungan Menyicil Mobil Dengan Maybank

1. Tenor Fleksibel

Maybank menawarkan tenor atau jangka waktu pelunasan yang fleksibel mulai dari 6 bulan hingga 7 tahun sehingga anda bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Namun perlu diingingat bahwa semakin lama jangka waktu pelunasan maka suku bunga kredit akan semakin tinggi.

2. Proses Cepat

Setelah mengajukan kredit mobil, anda tidak perlu menunggu waktu lama hingga pengajuan kredit disetujui. Salah satu keuntungan kredit mobil di Maybank yaitu proses persetujuan kredit berlangsung cepat bahkan hanya membutuhkan waktu 1 hari kerja sejak semua dokumen lengkap diterima.

3. Memiliki Banyak Mitra

Maybank telah bekerja sama dengan banyak mitra dealer resmi yang terpercaya sehingga anda tidak perlu khawatir mengajukan kredit di Maybank.

4. Didukung Showroom

Maybank juga bekerja sama dengan banyak showroom Completely Build Up (CBU) di seluruh Indonesia memungkinkan anda bisa melihat kondisi mobil secara langsung agar lebih terpercaya.

5. Kalkulator

Maybank menyediakan fitur kalkulator yang akan memudahkan anda menghitung simulasi kredit yang harus dibayarkan setiap bulannya. Hal ini akan memberikan anda gambaran sederhana serta melihat kemampuan keuangan anda untuk membayar cicilan mobil nantinya serta bisa membandingkan kredit yang cocok bagi anda. Fitur ini dapat digunakan secara gratis.

6. Suku Bunga Rendah

Suku bunga yang ditawarkan mulai dari 3,98% serta biaya admin yang dikenakan juga cukup terjangkau. Namun perlu diingat bahwa harga dan suku bunga dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dan ketentuan yang berlaku sehingga anda sebaiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum menyicil mobil.

7. Persyaratan Dokumen yang Mudah

  • Formulir Pengajuan Kredit
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Tabungan
  • Fotokopi Slip Gaji/Surat Keterangan Kerja
  • Fotokopi SIUP/TDR/SKDP (Wiraswasta)
  • Fotokopi NPWP

Inilah cara menyicil mobil serta keuntungan yang didapatkan jika mengajukan kredit mobil dengan menggunakan Maybank. Namun sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit mobil, pastikan jika dana cukup untuk membayar angsuran setiap bulannya dan jangan memaksakan membeli mobil di luar budget agar tidak mengalami masalah keuangan di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *