Cari Tahu Kenapa OS Android Dinamai Nama-Nama Ini

android

Saya Mau Tau – Dijaman modern atau yang lebih dikenal kalangan anak muda sebagai zaman milenial ini smartphone dengan sistem android sudah sangat populer. Smartphone dengan program Android ini telah berhasil mencuri pandangan para penikmat gadget sehingga mampu membuat Android ini menduduki posisi pertama ketimbang BlackBerry, Windows dan juga IOS.

Meski termasuk pendatang baru, smartphone dengan sistem Android berhasil naik di peringkat terpopuler dengan keunggulannya yaitu, ketersediaan platformnya yang terbuka bagi para developer untuk dapat berkreativitas dalam membuat berbagai macam aplikasi. Pengguna Android dapat memanfaatkan aplikasi yang dibuat oleh developer secara gratis maupun berbayar pada smartphone dengan basis Android mereka.

Pada bulan Juli 2005, Google telah memutuskan untuk melakukan kerjasama dengan pihak Android Inc yang berlokasi di California, Amerika Serikat. Waktu itu para pendiri Android.Inc berpendapat bahwa OS Android dipersembahkan untuk telepon seluler saja, dan itu menyebabkan munculnya sebuah isu yang dimana Google akan menggandeng Android untuk masuk ke pasar telepon seluler.

Pada akhirnya Google telah memperkenalkan Smartphone GSM dengan sistem operasi Androidnya pada September 2007 dengan nama Nexus One. Google juga telah mengajukan hak cipta untuk produk ponsel pertamanya yang berbasis OS Android ini. Setelah itu pada bulan September 2008 terbentuklah program kerja ARM dengan bergabungnya anggota baru seperti Sony Ericsson, Toshiba Corp, SoftBank, Vodafone Grup dan perusahaan lainnya.

Semenjak pertama kali peluncuran sistem operasi berbasis Android hingga saat ini, Android telah melakukan banyak pembaruan seperti bug dan penambahan fitur-fitur baru mereka. HTC Dream merupakan sebuah perusahaan yang merancang smartphone dengan sistem operasi berbasis Android pertama kali dan mereka merilisnya pada bulan Oktober 2008. Sampai saat ini sudah banyak sekali bahkan tak terhitung berapa banyak smartphone yang telah mengusung sistem operasi Android ini seperti Sony, Vivo, Oppo, Xiaomi, Asus, Samsung, dan masih banyak lagi lainnya.

Salah satu kunci kesuksesan Android yang dapat merebut hati para pengguna smartphone dan juga gadget yakni dengan melakukan banyak perkembangan yang begitu pesat pada Android sendiri agar terlihat lebih bersahabat. Ciri khas dari Android yang membuat penggunanya tak bisa berpaling darinya adalah Nama tipe-tipe sistem operasi berdasarkan urutan abjad dengan menggunakan nama-nama makanan membuat pengguna merasakan keunikan dan juga mudah untuk mengingat tipe-tipe pada android. Berikut ini 5 ulasan perkembangan tipe-tipe Android dari waktu ke waktu :

android
Foto : KissPNG.com

1. Android 1.1

Sistem Android tipe 1.1 ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007 dengan nama Android Beta. Di awal bulan Maret 2009 sistem Android tipe ini baru mulai diaplikasikan pada smartphone dan hasilnya sangat memuaskan. Android Beta ini telah berhasil memprakarsai kesuksesan besar Android Inc.

2. Android 1.5 (Cupcake)

Setelah hasil percobaan mengaplikasikan sistem Android pada sebuah smartphone dan tidak merasa puas dengan itu saja bahkan pada Mei 2009 Android berhasil membuat versi terbarunya dengan nama Android Cupcake. Dengan mengusung fasilitas terbaru dibandingkan dengan pendahulunya seperti dapat mengunggah/mengupload video ke Youtube, headset bluetooth nirkabel dan juga tampilan keyboard serta gambar yang lebih atraktif.

3. Android 1.6 (Donut)

Setelah 4 bulan dirilisnya Android versi 1.5 , Android lalu menciptakan versi terupdatenya yakni Android 1.6 (Donut). Fasilitas yang dimiliki Donut pun telah diperbaharui dengan adanya tampilan indikator baterai, fasilitas zoom in zoom out, dilengkapi dengan koneksi CDMA dan keunggulan lainnya.

4. Android 2.0 / 2.1 (Eclair)

Di akhir tahun 2009, Android lagi-lagi meluncurkan teknologi terbarunya lagi dan diberi nama Android Eclair. Dengan dirilisnya Android Eclair ini banyak menarik perhatian para perusahaan gadget untuk mulai menciptakan gadget dengan sistem touch screen atau layar sentuh yang sebelumnya telah dianggap kurang bersahabat bagi para pengguna smartphone.

5. Android 2.2 (Froyo / Frozen Yoghurt)

5 bulan setelah diluncurkannya Android versi Eclair. Pihak Android kurang merasa puas dengan Android Eclair dan menciptakan Android versi terbarunya 2.2 Frozen Yoghurt atau disingkat FroYo pada Mei 2010. Tipe Android terbaru ini telah memberikan kemauan bagi pengguna smartphone dengan adanya kapasitas memori eksternal yang berupa slot micro SD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *