Gejala dan Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering

cara mengatasi kulit kepala kering

Saya Mau Tau – Rasa gatal di kepala yang menyebabkan tidak nyaman, biasanya ditimbulkan oleh kulit kepala yang kering. Penyebabnya pun bisa beragam mulai dari cuaca, efek produk perawatan rambut, maupun dari suatu penyakit. Yuk, kenali gejala dan cara mengatasi kulit kepala kering.

Gejala Kulit Kepala Kering

cara mengatasi kulit kepala kering

1. Rasa Gatal

Rasa gatal di kepala biasanya mengindikasikan bahwa kulit kepala Anda kering. Hal ini karena kulit kepala kering menjadikan kulit tersebut rapuh sehingga menjadi mudah iritasi yang menyebabkan rasa gatal.

2. Kulit Kepala Bercak-Bersisik

Kurangnya nutrisi di kulit kepala akan membuat kulit Anda rapuh dan bersisik. Ketika terasa gatal dan Anda garuk maka, kulit rapuh tersebut bisa terkelupas menjadi bercak bersisik yang terlihat seperti ketombe.

3. Rambut Terlihat Kaku dan Sukar Diatur

Gejala lainnya bisa terlihat dari rambut. Rambut yang tumbuh di kulit kepala yang kering akan menjadi kaku dan sukar diatur. Hal ini terjadi karena kurangnya kelembaban di kulit kepala sehingga rambut menjadi imbasnya.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering

1. Pilih Sampo dan Kondisioner yang Tepat

Untuk merawat kulit kepala, gunakanlah sampo dan kondisioner yang mempunyai manfaat untuk melembabkan kulit kepala sehingga mencegah kulit kepala kering. Anda juga harus rutin mencuci rambut dengan shampo agar kotoran di kulit kepala bisa dibersihkan. Saat keramas, pastikan juga Anda memijat kulit kepala agar memaksimalkan khasiat sampo/kondisioner yang Anda pakai.

2. Konsumsi Vitamin dan Mineral

Salah satu penyebab kulit kepala adalah kurangnya asupan B6 dan B12. Anda bisa mengatasinya dengan banyak mengonsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, telur, dan seafood. Perbanyak juga minum air putih untuk melembabkan kulit secara alami.

Anda juga bisa menerapkan pola makan yang baik. Kurangi makan-makanan yang mengandung gula, pedas, garam, dan alkohol. Perbanyak konsumsi makanan kaya vitamin dan asam lemak omega 3.

Menjaga kulit kepala agar tetap sehat akan membuat Anda nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Kulit kepala yang sehat juga membuat rambut menjadi sehat. Jika Anda sudah terindikasi mengalami kulit kepala kering, Anda bisa mencoba 3 cara mengatasi kulit kepala kering di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.