Hemat Biaya Perbaikan Mobil dengan Rutin Melakukan Ini

mobil bekas murah

Rutin melakukan perawatan pada mobil, baik itu mobil baru maupun mobil bekas murah memang sangat dianjurkan untuk semua pemilik mobil. Selain dapat meningkatkan performanya, rutin merawat mobil juga dapat membantu menghindari kerusakan komponen pada mesin mobil. Tidak hanya itu saja, merawat mobil juga dapat menghemat pengeluaran pada saat melakukan perbaikan mobil. Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

mobil bekas murah

1. Ganti oli mobil

Sebagai pemilik mobil, Anda dianjurkan untuk mengganti oli mobil secara berkala atau jika mobil sudah melewati jarak tempuh 5.000 – 10.000 km. Tujuannya supaya mesin mobil Anda bisa bekerja secara optimal. Selain itu, mengganti oli mobil juga dapat menghindari komponen mesin mobil menjadi lebih cepat aus maupun karatan.

Jadi, pastikan untuk selalu mengganti oli agar mobil tidak mengalami masalah dan mengganggu performanya.

2. Ganti filter udara pada mobil

Selain mengganti oli mobil, Anda juga wajib mengganti filter udara yang terdapat di dalam mobil. Pastikan filter udara mobil Anda dalam keadaan bersih dan bebas dari kuman maupun kotoran karena komponen ini sangat berkaitan erat dengan mesin mobil sekaligus bisa meningkatkan efektivitas pemakaian bahan bakar.

Untuk waktu penggantiannya sendiri bisa diperiksa langsung di dalam buku manual yang biasanya didapat dari dealer mobil ketika Anda membeli mobil. Penggantiannya bisa dilakukan di bengkel resmi agar lebih terpercaya.

3. Periksa kabel dan lampu mobil

Jangan sampai lupa untuk memeriksa sekaligus mengecek kondisi lampu dan kabel-kabel pada mobil Anda secara rutin. Dengan melakukan pengecekan pada kedua komponen ini, maka Anda bisa mengetahui apakah ada kabel mobil yang putus maupun kendur dan apakah lampu mobil bermasalah.

Jika mendapati kabel kendur bahkan putus, maka Anda bisa langsung membawanya ke bengkel terdekat untuk dilakukan perbaikan. Jangan sampai dibiarkan agar nantinya tidak menimbulkan dampak buruk pada mobil Anda.

4. Isi radiator mobil secara berkala

Radiator merupakan salah satu komponen paling penting pada mobil yang berfungsi mendinginkan mesin mobil. Supaya radiator ini tidak bermasalah, maka pastikan untuk selalu mengisi air di tabung radiator secara berkala. Selain dapat menghindari masalah yang ditimbulkan, mengisi air radiator juga dapat membantu meningkatkan performa mesin mobil.

Bukan hanya radiator, Anda juga wajib mengisi tabung air wiper dengan air bersih jika terlihat habis agar performa mesin mobil tidak terganggu.

Tidak hanya melakukan hal-hal di atas, Anda pun disarankan untuk melakukan ini, di antaranya:

  • Cuci mobil menggunakan sabun khusus agar tidak menimbulkan baret.
  • Rutin melakukan servis pada mobil.
  • Cek transmisi mobil
  • dan lain sebagainya

Itu dia beberapa hal yang wajib dilakukan untuk menghemat biaya ketika perbaikan mobil. Jangan sampai diabaikan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *