Inilah Alasan Kenapa Kamu Wajib Punya Pendingin Ruangan di Rumah, Jangan Lupa Ikuti Tipsnya!

shopee.co.id

Saya Mau Tau РKemajuan teknologi sungguh sangat pesat dan banyak mempengaruhi berbagai faktor kehidupan sehari-hari, salah satu bukti teknologi yang begitu maju adalah dengan adanya AC. Air conditioning atau lebih dikenal dengan AC tak hanya digunakan di gedung bertingkat saja, tetapi di perumahan pun AC sangat berguna untuk memanipulasi suhu ruang sesuai keinginan kamu. Dampak dari teknologi juga mampu membuat produsen AC menyediakan AC portable. Dengan mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar membuat AC portable  tidak perlu ruang yang luas, serta harga yang dipasarkan cukup terjangkau dibandingkan dengan AC konvensional.

Berikut ini beberapa alasan yang perlu kamu tahu kenapa harus menggunakan AC portable untuk pendingin dirumah.

1. Lebih Efisien

shopee.co.id

Perbedaan pada AC konvensional dengan AC portable yaitu, AC konvensional memerlukan ruang luas dan untuk pengerjaannya dengan cara melubangi dinding, sedangkan AC portable tidak perlu melubangi dinding karena AC portable dapat diberdirikan dan mudah dipindahkan. AC portable juga lebih praktis saat di bongkar atau di pasang kembali. Biasanya tinggi AC portable yaitu 28-32 inch, sehingga membuat kamu nyaman dan tidak repot saat digunakan dalam acara-acara tertentu.

2. Harga yang Terjangkau

batuvilla.com

Semakin kecil energi yang dikeluarkan, maka semakin mahal juga biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli AC portable. Dijual dengan harga berkisar Rp.800 ribuan sampai Rp. 2 jutaan dengan mempunyai fitur unggulan membuat AC portable banyak diminati konsumen. Salah satu brand ac portable yang banyak diminati konsumen adalah AC portable Daikin. Produk AC portable Daikin mempunyai performa baik untuk menyejukan rumah kamu dan mampu mengurangi kapasitas listrik.

4. Menampung Tetesan Air Embun

youtube.com

AC portable memiliki fitur display panel yang mengatur kinerja AC melalui pilihan setting suhu ruangan. AC portable biasanya akan mengeluarkan air embun, karena kelembaban saat menggunakannya, cara menghilangkan embun tersebut kamu hanya perlu membersihkan port khusus secara teratur.

AC portable juga memerlukan perawatan dengan cara membersihkan AC sebulan sekali untuk mencegah menumpuknya kotoran dan debu yang akan menyebabkan rusaknya mesin AC. Berikut, beberapa tips untuk merawat AC portable.

5. Pembersihan Rutin Pra-Filter

royalsovereign.com

Pembersihan pada komponen pra-filter nantinya akan mencegah adanya kotoran dan debu pada kumparan evaporator. Jika dibiarkan begitu saja maka kotoran tersebut menjadi kerak, hal ini cukup berbahaya karena menyebabkan kompresor panas.

6. Langkah-langkah Membersihkan AC Portable

by-clips.com

Sebelum kamu ingin membersihkan AC portabel, pertama cabut listrik yang menghubungkan pada komponen AC portable. Kedua bersihkan tangki air, ketiga  keringkan bagian dalam AC dengan mode kipas. Koil Pendingin juga perlu dibersihkan dengan menyemprotkan larutan asam ke dalam nya. Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan bagian luar AC portable.

7. Lama Waktu Pembersihan

beritagar.id

Agar tetap sejuk, biasakan membersihkan AC portable secara berkala agar kotoran tidak menyumbat filter. Jika filter dipaksa terus menerus menyebabkan pemborosan pada listrik. Untuk pembersihan portable, lakukan setidaknya 2 kali dalam setahun agar AC tetap awet dan terlindungi.

Beberapa spesifikasi yang harus kamu perhatikan saat membeli AC portable adalah dari kekencangan blower, kipas angin dan suhu ruang. Setiap brand memiliki performa yang unggul sehingga kualitas AC pun terjamin. Dan perhatikan pula kartu garansi milikmu layak, karena jika ada kerusakan kamu bisa memperbaikinya di outlet/toko yang tertera di ketentuan kartu garansi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *