Inilah Cara Membasmi Kutu Kasur di Rumah Yang Mudah

kutu kasur

Saya Mau Tau – Yang namanya kutu pasti selalu mengganggu. Entah itu kutu rambut, kutu hewan atau kutu kasur. Tempat tidur yang terkena kutu akan membuat tidur kita kurang nyaman. tubuh akan terasa gatal dan terkadang muncul kotoran di seprai tempat tidur. Kutu kasur biasanya muncul dari tas, baju atau benda lain yang anda bawa dari luar rumah. Bukan karena anda tidak rutin mencuci sprei. Untuk membersihkan kutu kasur ini harus penuh ketelatenan. Apalagi kutu sudah berkembang biak dan bertelur banyak.

kutu kasur

Langkah Menghilangkan Kutu Busuk Di Kasur

Jika anda merasakan tidur kurang nyenyak, karena sering digigit hewan kecil. Cobalah untuk mengeceknya, apakah ada kutu di kasur anda. Untuk membasmi hewan kecil ini dibutuhkan kesabaran. Karena terkadang tidak bisa langsung hilang dengan satu cara. Untuk membasminya hingga tuntas, cobalah ikuti langkah berikut ini:

  • Cuci Semua Barang di Kasur

Cuci semua barang yang ada di kasur anda. Seperti sprei, sarung bantal, sarung guling, selimut, boneka, handuk, pakaian atau barang lain yang berbahan kain. Terutama benda-benda yang terindikasi terkena kutu kasur. Cuci semua barang tersebut dengan menggunakan air panas, pastikan untuk melihat anjuran perawatan dari barang yang anda cuci. Air panas bisa membunuh kutu dengan cepat. Kemudian gunakan detergen yang berkualitas, yang bisa membersihkan dengan maksimal.

  • Keringkan dengan mesin pengiring suhu tinggi

Supaya semua telur dan kutu benar-benar hilang, keringkan semua barang yang dicuci dengan menggunakan mesin pengering suhu tinggi. Jika anda tidak mempunyainya, bisa menggunakan jasa laundry profesional. Anda juga bisa menjemur cucian dibawah sinar matahari langsung yang terik. Ini bisa membantu membunuh kutu dengan cepat.

  • Bersihkan kasur dengan metode uap panas

Selanjutnya bersihkan kasur, karpet, gorden, sofa dan perabot lainnya di rumah anda yang terkena kutu kasur. Gunakan metode uap panas, sehingga kutu bisa mati sempurna. bila tidak memilikinya bisa menggunakan alat pengisap debu atau gunakan jasa profesional.

  • Gunakan sarung pelapis kasur

Untuk hasil yang maksimal, lapisi kasur dan bantal dengan menggunakan sarung pelapis. Dengan begitu kutu akan terperangkat didalamnya dan tidak bisa mencari makan. Akhirnya kutu akan mati dan semua telur tidak bisa menetas. Namun setelah itu harus dicuci atau dibersihkan dengan maksimal lagi. Hisap dengan mesin pengisap debu supaya tidak ada sisa kutu yang tertinggal.

Cara Mengatasi Gigitan Kutu Busuk Dari Kasur

Jika anda terkena gigitan kutu kasur, jangan langsung khawatir. Gigitan kutu bisa menimbulkan sensasi gatal di kulit. Bahkan dibeberapa kulit bisa muncul ruam kemerahan. bila anda terkena gigitan kutu kasur, cobalah ikuti langkah berikut ini:

  • Cuci dan Bilas dengan menggunakan air bersih

Setelah tergigit kutu langsung cuci dengan air bersih. Bersihkan dengan menggunakan sabun kemudian bilas sampai bersih. Anda juga bisa membersihkannya dengan air hangat, sehingga rasa gatal sedikit berkurang.

  • Oleskan krim anti gatal

Setelah dicuci, oleskan krim anti gatal di kulit yang terkena gigitan kutu. Anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih untuk membantu meredakan rasa gatalnya

  • Gunakan bahan alami

Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami untuk mengatasi gatalnya. Manfaatkan perasan air lemon atau soda kue. Kemudian oleskan dibagian kulit yang gatal.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kutu kasur di rumah dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *