Jenis Perluasan Jaminan pada Asuransi Kendaraan Komprehensif

asuransi kendaraan

Saya Mau Tau – Pada saat beli asuransi mobil komprehensif atau all risk, jaminan ganti rugi hanya diberikan atas kerusakan pada mobil Anda saja. Oleh karena itu, Anda butuh perluasan jaminan pada asuransi yang Anda gunakan. Dengan adanya perluasan jaminan, cakupan ganti rugi dari pihak asuransi semakin luas. Berikut jenis perluasan jaminan yang bisa didapatkan pada asuransi komprehensif.

asuransi kendaraan

1. Pembayaran Ganti Rugi Untuk Pihak Ketiga

Perluasan jaminan yang pertama adalah untuk jaminan pembayaran ganti rugi pada pihak ketiga. Ada kalanya, bukan Anda yang ditabrak, namun Anda yang mungkin menyerempet kendaraan orang lain. Pemilik kendaraan yang diserempet tentu meminta ganti rugi untuk perbaikan mobilnya. Dengan memakai perluasan jaminan, Anda tak perlu pusing memikirkan biaya ganti rugi tersebut.

Pihak asuransi akan menjamin ganti rugi atas perbaikan kendaraan yang Anda tabrak. Namun, perlu diperhatikan ada batasan dari jaminan ganti rugi pihak ketiga ini. Jika kendaraan yang Anda tabrak masih terikat asuransinya sendiri, maka jaminan ganti rugi ini tak bisa diklaim. Selain itu, asuransi tambahan ini juga tak bisa diklaim jika tabrakan terjadi saat Anda belajar menyetir mobil.

2. Jaminan Perawatan Kecelakaan Terhadap Pengemudi Kendaraan

Asuransi all risk biasa tak akan menjamin biaya yang dikeluarkan jika sekiranya Anda memerlukan perawatan di rumah sakit. Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan perluasan jaminan perawatan kecelakaan pada pengemudi. Ganti rugi akan dibayarkan jika pengemudi kendaraan mengalami cedera badan, cacat, hingga kematian karena kecelakaan.

3. Jaminan Perawatan Kecelakaan Terhadap Penumpang Kendaraan

Tak hanya pengemudi yang harus dilindungi, namun juga penumpang. Untuk melindungi setiap penumpang di kendaraan Anda, tambahkan perluasan jaminan perawatan kecelakaan terhadap penumpang dalam asuransi kendaraan Anda. Jika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan cedera, cacat tubuh, dan kematian, pihak asuransi kendaraan akan mencairkan dana ganti rugi.

4. Perluasan Jaminan atas Kerusakan Akibat Bencana Alam

Tak ada yang bisa memprediksi kapan terjadinya gempa, tsunami, badai, letusan gunung berapi, banjir, dan bencana alam lainnya. Selain mengancam keselamatan Anda, bencana alam juga berpotensi besar menyebabkan kerusakan pada kendaraan Anda. Jadi, sebaiknya Anda melengkapi asuransi untuk kendaraan, dengan perluasan jaminan atas kerusakan karena bencana alam.

Perluasan jaminan jenis ini sangat cocok bagi Anda yang tinggal di daerah yang rawan bencana. Misalnya saja di Jakarta, Anda sebaiknya memakai perluasan jaminan ini karena ibukota sangat rawan akan banjir. Besaran premi untuk perluasan jaminan ini pun tak terlalu besar, kisarannya mulai dari 0.15% dan tak lebih dari 0.5%.

5. Perluasan Jaminan atas Kerusakan Akibat Demonstrasi

Perluasan jaminan ini akan menjamin kerusakan pada mobil Anda yang disebabkan karena terjadinya kerusuhan, demonstrasi, tawuran, dan huru-hara. Jenis tambahan asuransi ini terutama sekali tepat digunakan oleh Anda yang tinggal di daerah perkotaan besar, yang sering jadi titik kumpul para demonstran. Anda jadi tak perlu takut berkendara saat situasi ini terjadi.

6. Perluasan Jaminan atas Kerusakan Akibat Terorisme

Walau dilengkapi asuransi all risk, jika mobil atau kendaraan rusak akibat terorisme atau sabotase, pihak asuransi tak akan menjamin kerugiannya. Untuk melindungi mobil dari insiden semacam ini, Anda bisa menambahkan perluasan jaminan kerugian yang disebabkan oleh tindak terorisme. Sehingga, jika kendaraan Anda rusak atau hancur karena bom, Anda bisa klaim ganti ruginya.

Walau disebut asuransi komprehensif atau all risk, hanya kerusakan karena alasan tertentu saja yang akan ditanggung oleh pihak asuransi. Jadi, saat Anda beli asuransi mobil all risk, sebaiknya Anda langsung menambahkan perluasan jaminan seperti yang telah dijabarkan di atas. Anda bisa memilih jenis perluasan jaminan, yang sekiranya sesuai dengan kondisi dan situasi sekitar Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *