Makanan Ibu Hamil untuk Mendukung Perkembangan Janin

perkembangan janin

Saya Mau Tau – Perkembangan janin akan berlangsung dengan baik apabila Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Seperti yang diketahui makanan itu nantinya sangat berpenagruh terhadap perkembangan bayi yang ada di dalam perut ibu. Oleh karena itu sebaiknya pilih makanan yang tepat agar nantinya janin bisa berkembang dengan baik dan sehat.

Mungkin terkadang ada ibu hamil yang mengalami hilang nafsu makan. Akan tetapi jika kita memikirkan lebih lanjut mengenai kondisi sang buah hati, tentunya bunda semangat kembali. Yuk simak beberapa rekomendasi makanan yang bagus untuk ibu hamil berikut ini!

perkembangan janin

1. Kacang-kacangan

Salah satu nutrisi terpenting bagi ibu hamil adalah vitamin B. Dalam vitamin B tersebut terdapat folat (atau lebih dikenal sebagai asam folat kalau kita mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen). Manfaat folat sangat penting dalam pembentukan otak anak serta sistem saraf bayi. Juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Terpenuhinya kebutuhan folat juga sangat penting bagi perkembangan janin agar kondisi janin bisa tumbuh dengan sempurna. Bunda bisa mendapatkan folat dari kacang-kacangan.

Bisa juga dengan mengonsumsi bayam. Sayuran ini juga terkenal kaya akan folat, zat besi, vitamin A dan kalsium. Lagi pula juga mudah untuk mendapatkannya di sekitar kita. Di penjual sayur keliling maupun pasar banyak yang menyediakan sayuran ini.

2. Yogurt

Yogurt bagus dikonsumsi ibu hamil. Karena dalam yogurt terdapat kalsium yang berperan dalam pertumbuhan tulang. Tak hanya untuk tulang janin, juga untuk penguatan tulang ibu hamil. Setidaknya bunda perlu mengonsumsi sekitar 1.200 miligram setiap hari. Di dalam yogurt juga terdapat bakteri baik yang membantu mencegah gangguan lambung serta infeksi jamur.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon juga dikenal bagus untuk ibu hamil. Pada ikan ini mengandung asam lemak omega 3 esensial yang bermanfaat dalam perkembangan janin, terutama untuk perkembangan mata dan otak bayi.

Yang disarankan bagi ibu hamil adalah minimal mengonsumsi dua hingga tiga porsi ikan salmon setiap minggu. Pastikan pilih ikan salmon yang masih segar sehingga lebih enak dan juga terjamin aman. Selain itu omega 3 juga bisa didapatkan dari tahu dan telur. Bunda bisa mengombinasikannya sebagai menu makanan ibu hamil yang sehat.

4. Alpukat

Rasanya semua orang suka dengan alpukat. Buah ini kaya akan folat, potasium, vitamin C dan vitamin B6. Semua kandungan tersebut berguna membantu pertumbuhan jaringan dan otak bayi. Bagi ibu hamil juga membantu untuk meredakan mual di pagi hari. Mengonsumsi alpukat merupakan cara mudah untuk mendapatkan asupan vitamin. Walau begitu bunda tidak boleh berlebihan agar tidak sampai kekenyangan.

5. Edamame

Kacang yang juga dikenal sebagai kedelai Jepang ini juga bagus untuk ibu hamil. Sebab makanan ini banyak mengandung protein, kalsium, folat vitamin A dan B. Edamame bisa dijadikan sebagai camilan di rumah. Jadi saat ingin ngemil sesuatu, bunda bisa makan cemilan sehat ini. Selain itu juga bisa dicampurkan ke makanan yang dimasak, seperti sup.

6. Wortel

Wortel bagus untuk perkembangan janin karena mengandung beta-karoten, yang diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Manfaatnya bagus untuk perkembangan mata, kulit, tulang, dan organ janin. Wortel juga sumber vitamin B6, C, dan mengandung serat. Mudah untuk mendapatkan wortel di sekitar kita. Untuk mengolahnya pun mudah, bisa menjadikannya sebagai campuran saat memasak sop atau makanan lainnya.

Itulah beberapa makanan yang disarankan untuk ibu hamil. Pastikan ibu mengonsumsi makanan di atas agar perkembangan janin berlangsung baik dan selalu sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *