Manfaat Mengikuti Komunitas Disocial Media

komunitas ibu dan anak

Saya Mau Tau – Manusia biasanya melakukan berbagai interaksi dengan makhluk hidup lainnya salah satunya dengan cara berkumpul. Perkumpulan manusia yang melakukan sebuah aktivitas dengan tujuan yang sama disebut berkelompok. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern proses sosialisasi menjadi hal yang umum dilakukan untuk hal yang positif, misalnya setiap Minggu sore kamu sering melihat beberapa komunitas yang berkumpul di taman untuk membicarakan hal yang menjadi hobi atau kebiasaan mereka yang sama. Komunitas ini merupakan sebuahh proses interaksi manusia yang memiliki tujuan tertentu dan juga mengharapkan berbagai informasi yang bisa menguntungkan bagi para anggota komunitas tesebut. Contoh-contoh komunitas yang banyak beredar di indonesia ada alah komunitas pecinta motor atau mobil, komunitas pecinta makeup, komunitas ibu dan anak, komunitas pecinta band atau music dan komunitas lainnya. Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini menjadikan komunitas tidak hanya dilakukan melalui pertemuan nyata saja. Dengan adanya sebuah teknologi yang canggih tentunya bisa mempermudah suatu kelompok untuk bertukar informasi hanya melalui media online atau virtual seperti kebanyakan aplikasi handphone yang memberikan layanan berupa chat rooms. Hal ini tentunya sangatlah memberikan kemudahan untuk suatu kelompok saat memberikan informasi dan opini perihal suatu masalah tertentu Diskusi yang di lakukan oleh komunitas tersebut hanya membutuhkan sebuah alat elektronik seperti hp atau laptop yang terhubung ke internet maka proses diskusi pun bisa langsung terjadi.

Adapun manfaat dari komunitas online akan di jelaskan di bawah ini:

komunitas ibu dan anak

1. Menciptakan ruang publik baru

Ruang publik ini adalah tempat berkumpulnya masyarakat untuk menyatakan kebutuhan, opini, dan juga kepentingannya secara terbuka dan tentunya bebas. Komunitas online ini memiliki manfaat untuk menciptakan ruang publik yang baru di masyarakat tanpa memiliki batasan apapun.

2. Menjalin silaturahmi

Komunitas online juga bisa membantu kita untuk menjalin silaturahmi dengan sesama anggota komunitas. Silaturahmi bisa terjadi hanya dengan menggunakan internet, dengan adanya hal tersebut maka komunikasi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun sehingga membuat komunikasi lebih intens dan menciptakan keakraban antara anggotanya.

3. Saling bertukar informasi

Setiap komunitas online biasanya terdiri dari masyarakat yang berbeda-beda ilmu dan juga pengalamannya. Komunitas online ini menjadi sebuah solusi masyarakat untuk memudahkan seseorang untuk mendapatkan sebuah informasi.

4. Memperluas jaringan

Komunitas online ini bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk bertukar informasi secara cepat dan juga menjalin sebuah silaturahmi. Hal tersebut bisa menguntungkan anggota komunitas karena komunitas online bisa memberikan manfaat untuk memperluas jaringan atau koneksi pertemanan.

5. Berbagi pengalaman

Masyarakat bisa memanfaatkan komunitas online sebagai sarana untuk berbagi berbagai macam pengalaman. Komunitas yang merupakan perkumpulan dari berbagai macam kalangan tentu terdiri atas orang-orang yang memiliki pengalaman yang pastinya berbeda. Komunitas online juga sangat memudahkan seseorang untuk berbagi pengalaman, sehingga orang tersebut bisa menjadikan pengalaman tersebut sebagai ilmu yang baru.

6. Menciptakan kebahagiaan

Komunitas online juga bisa  menciptakan sebuah kebahagiaan. Setiap komunitas memiliki tema atau sebuah pembahasan yang berbeda-beda. Misalnya komunitas ibu dan anak terdiri dari orang-orang yang sudah menjadi seorang ibu. Aktivitasnya adalah untuk mengetahui informasi-informasi seputar ibu dan anak. Hal ini dapat menciptakan kebahagiaan bagi para anggota komunitas tersebut karena menemukan teman-teman yang memiliki keadaan yang sama.

Nah mungkin itu saja yang bisa di sampaikan tentang manfaat mengikuti manfaat di social media, semoga informasinya bermanfaat dan sampai jumpa di kesempatan berikutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *