Nutrisi untuk Ibu untuk meningkatkan Kualitas ASI (Air Susu Ibu)

Saya Mau Tau – Ibu yang sedang menyusui buah hatinya perlu memperhatikan kandungan nutrisi hariannya dengan baik, sama halnya saat memenuhi nutrisi dan multivitamin yang dibutuhkan ibu hamil. Pasalnya hal ini akan berpengaruh pada kualitas ASI. Apa saja nutrisi yang cocok untuk ibu agar kualitas ASI meningkat? Berikut penjelasannya.

  • Asam Lemak

Kalori atau sumber tenaga pada bayi berasal dari lemak. Lemak juga bermanfaat sebagai pembangun jaringan otak pada bayi. Ibu menyusui sebaiknya mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam lemak tinggi seperti ikan salmon, ikan kembung, daging sapi, kacang-kacangan dan lain-lain. ASI yang dihasilkan pun lebih berkualitas.

  • Protein

Nutrisi kedua yang dibutuhkan ibu menyusui adalah protein. Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi dan mengandung protein tinggi antara lain berasal dari sumber makanan hewani atau nabati seperti tempe, tahu, daging sapi, daging ayam, edamame, belut dan sebagainya. Asam amino dalam protein bermanfaat untuk membangun jaringan  tubuh pada bayi.

  • Vitamin C

Vitamin C dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Selain itu, zat ini juga bermanfaat untuk menyerap mineral. Vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat menyusui bisa didapatkan dari makanan-makanan yang mengandung vitamin C tinggi seperti buah mangga, buah jeruk, buah pepaya, buah stroberi, nanas serta buah dengan warna cerah lainnya.

  • Zat Besi dan Kalsium

Zat besi dibutuhkan bayi untuk pembentukan sel darah merah. Sedangkan kalsium diperlukan untuk proses pembentukan tulang. Beberapa makanan yang mengandung zat besi dan kalsium di antaranya adalah umbi-umbian, kepiting, ikan laut, udang, kuning telur, bayam, kangkung, dan brokoli. Selain tulang, kalsium juga penting untuk pembentukan gigi.

  • Zinc dan Iodium

Zinc atau seng menghindarkan anak dari ADHD dan iodium diperlukan untuk membentuk protein untuk menunjang pertumbuhan fisik dan otak bayi yang berusia antara 0 hingga 6 bulan. Makanan  mengandung zinc antara lain daging sapi, ayam, telur, jamur, tempe, dan tahu. Sedangkan makanan yang mengandung iodium antara lain garam, kacang tanag, sea food, dan stroberi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *