Sistem yang Ada pada Produk Asuransi Berbasis Syariah

asuransi syariah

Saya Mau Tau – Asuransi syariah merupakan produk asuransi yang sistemnya para peserta asuransi saling menanggung risiko. Semua pembiayaan yang terjadi akan dibayarkan dengan dana Tabarru. Peran perusahaan asuransi hanya sebagai pemegang amanah untuk mengelola dana yang ada dari peserta asuransi. Berikut merupakan  sistem yang digunakan pada produk satu ini:

asuransi syariah

1. Menggunakan akad

Dalam asuransi berbasis syariah ada akad yang digunakan, yaitu  akad Tabarru. Di dalam akad ini, setiap peserta akan memberikan hibah preminya melalui dana Tabarru yang digunakan. Dana ini untuk menolong pembiayaan yang dibutuhkan peserta lainnya.

Selain itu, ada pula akad Tijarah yang merupakan akad antara peserta asuransi baik kolektif ataupun individu.  Dan juga menggunakan akad Wakalah bil Ujrah yang memberikan pengelolaan keuangan kepada perusahaan asuransi. Ada juga akad Mudharabah yang digunakan dalam pengelolaan asuransi investasi syariah.

2. Fee atau Ujroh

Di dalam asuransi syariah ini, ada sistem Fee atau Ujroh yaitu sebuah imbalan jasa yang diberikan kepada pengelola asuransi. Adanya sistem ini menunjukkan uang yang masuk ke perusahaan asuransi tetaplah menjadi milik peserta. Bukan menjadi sebuah pemasukan bagi perusahaan asuransi karena itu dana bisa diambil kapan saja oleh peserta dipotong dengan fee atau ujroh.

3. Bagi hasil investasi

Pada asuransi ini dana yang disetor peserta tetaplah menjadi milik peserta. Jadi, saat berinvestasi, maka hasilnya akan dibagi dua sesuai dengan kesepakatan. Anda bisa menanyakan hal ini dengan jelas di awal pendaftaran menjadi peserta.

4. Surplus

Asuransi dengan sistem syariah besarannya 1 periode lebih besar dari pada klaim. Jadi, peserta bisa mendapat dana yang lebih besar daripada jumlah klaim yang telah diajukan. Sifat surplus ini merupakan hasil dari dana yang diinvestasikan.

5. Bersifat mandiri

Dari segi modal asuransi ini bersifat mandiri jadi tidak ada sangkut pautnya dengan akad perbankan. Pengelolaan klaimnya pun tidak seperti asuransi konvensional. Dana yang masuk ke pihak asuransi tidak akan dikeluarkan selain keperluan peserta asuransinya.

Memilih asuransi syariah ini merupakan pilihan tepat untuk Anda karena dapat menghindaririba. Tidak hanya itu, ada banyak pula program yang tersedia dari jenis asuransi ini, Anda tinggal memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *