Tips Cermat Sebelum Mengajukan Kredit Mobil Bekas

Saya Mau Tau – Banyak orang yang mendundurkan niat membeli mobil baru karena harganya yang cukup mahal meskipun sudah menggunakan pembayaran secara kredit karena masih dikenakan suku bunga yang lumayan tinggi. Namun saat ini sudah banyak yang jual beli mobil bekas bahkan dapat dibayar secara kredit sehingga harganya lebih murah. Meskipun begitu, kredit mobil bekas juga harus dipikirkan secara matang.

Tips yang Harus Diperhatikan Untuk Kredit Mobil Bekas

Membeli mobil bukan hanya sekedar melihat merk dan desain mobil saja, anda juga harus mempertimbangkan banyak hal apalagi jika anda memutuskan untuk membeli mobil bekas yang artinya sudah pernah dipakai oleh orang lain sehingga kondisi mobil bekas tidak sama lagi seperti mobil baru. Untuk itu berikut terdapat tips sebelum kredit mobil bekas yang bisa anda terapkan agar tidak salah memilih mobil.

jual beli mobil bekas

1. Memilih Mobil

Anda pastinya harus memilih merk, tipe, dan jenis mobil terlebih dahulu. Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan atau budget. Pilihlah mobil yang juga telah disesuaikan dengan kebutuhan termasuk kapasitas keluarga. Tidak perlju membeli yang terlalu mahal jika tidak memerlukan mobil besar dan fitur-fitur yang ditawarkan oleh mobil mahal.

2. Uang Muka

Mengajukan kredit tentu saja harus membayar uang muka terlebih dahulu atau DP. Uang muka setiap mobil berbeda-beda tergantung harganya namun biasanya sudah memiliki ketentuan minimal yang harus dibayarkan. Pastikan jika anda memiliki budget yang cukup untuk membayar uang muka bahkan tidak ada salahnya untuk membayar lebih agar cicilan lebih ringan dan bunga lebih kecil.

3. Suku Bunga

Memutuskan untuk mengajukan kredit mobil bekas artinya anda harus siap membayar harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan harga membeli mobil secara tunai. Hal ini dikarenakan terdapat suku bunga yang dibebankan dan harus dibayarkan setiap bulannya.

Suku bunga ini pasti akan menambah biaya mobil secara keseluruhan bahkan masih dikenakan biaya admin sehingga anda juga harus menghitung apakah bisa membayar tanggungan setiap bulannya agar tidak terjadi masalah keuangan nantinya.

4. Lakukan Survei

Mobil bekas biasanya memiliki kondisi yang sudah tidak sama lagi dengan mobil baru. Hal ii artinya anda harus dan wajib melakukan survei untuk melihat mobil secara langsung. Hal ini dapat meminimalisir kerusakan dan kekurangan lainnya yang terjadi akibat pengguna sebelumnya agar anda bisa mendapatkan mobil yang sesuai dengan harganya.

Anda bisa langsung mengunjungi showroom atau dealer terpercaya untuk melihat mobil yang diinginkan dan pastikan mobil masih dalam keadaan baik dan layak pakai serta sesuai dengan harga yang ditawarkan. Tidak ada salahnya juga untuk melakukan test drive terlebih dahulu untuk melihat tenaga dan kondisi mesin mobil.

5. Hitung dan Pertimbangkan

Penting untuk melakukan perhitungan sebagai pertimbangan. Hal ini dikarenakan kita diwajibkan untuk membayar cicilan setiap bulannya sehingga kita harus memiliki penghasilan yang cukup untuk membayar cicilan mobil beserta suku bunganya serta uang muka yang dibayarkan terlebih dahulu.

Hal ini akan memudahkan anda menghitung pengeluaran dan memperkirakan apakah dengan membeli mobil tersebut akan memberikan dampak atau masalah keuangan nantinya. Jangan sampai terjadi masalah keuangan setelah memutuskan melakukan kredit mobil.

Saat ini sudah banyak yang menyediakan fitur untuk menghitung kredit mobil bekas sehingga akan memudahkan anda melakukan estimasi perkiraan berapa yang harus dibayarkan setiap bulannya. Anda bisa menemukannya di garasi.id. Anda juga bisa mengajukan kredit melalui garasi.id yang akan diberikan kemudahan serta banyak pilihan merk dan tipe mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *